Teknik renang

teknik renang,cara renang
Berikut ini kami akan membagikan informasi terbaru tentang teknik renang mungkin artikel yang kami bagikan ini berguna bagi yang belum bisa berenang.Nah langsung saja anda simak dan membaca artikel yang telah kami buat di bawah ini.

Teknik renang
1. BAHAN AJARAN
2. RENANG GAYA BEBAS
3. Standar kompetensi : 5. Memperagakan teknik-teknik gaya renang, permainan di air, dan upaya penyelamatan di air berdasrkan konsep yang benar dan memiliki nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Aspek : Akuatik (Aktifitas Air ) Kompetensi Dasar : 5.1 Melakukan teknik salah satu gaya renang
4. INDIKATOR : Meluncur Melakukan renang gaya bebas MATERI PELAJARAN : Renang gaya bebas
5. Informasi : TEKNIK LATIHAN RENANG GAYA BEBAS Meluncur Meluncur di air dengan memakai alat (pelampung) Pada kedalaman kolam setinggi dada, peganglah peganglah pelampung dengan kedua tangan. Ambil nafas sedalam-dalamnya, kemudian letakkan kaki di pinggir kolam lalu dorong dengan kuat Lakukanlah secara berulang-ulang sehingga badan membentuk posisi lurus terapung
6. Gerakan badan meluncur
7. TEKNIK RENANG GAYA BEBAS Teknik Gerakan Kaki Kedua lengan bertumpu ke dinding kolam, luruskan badan, kaki sehingga rata dengan permukaan air. Kepala atau muka menghadap kedepan. Gerakkan kaki yang berpusat di sendi panggul Gerakan kaki yang di atas dilakukan dengan lemas dan jangan terlalu tinggi, tetapi cukup dekat pada permukaan air. Gerakan kaki yang di bawah dilakukan dengan agak kuat, terutama gerakan pada pergelangan kaki, jarak antara ujung kaki yang di atas dengan ujung kaki yang di bawah antara 25 – 40 cm.
8. GERAKAN KAKI SAAT MELUNCUR
9. Bentuk-bentuk Latihan Gerakan Kaki Gerak dasar menendang – nendang dengan bebas sambil duduk di pinggir kolam, Gerakan menendang sambil meluncuran yang dimulai dari dorongan kaki dari dinding kolam, Apabila sudah mampu melakukan dalam jarak 6 – 7 m berarti siswa itu sudah boleh dikatakan berhasil, Gerakan dasar menendang dengan memakai pelampung sebagai alat bantu yang dipegang dengan dua tangan lurus, dengan jarak 20 – 30 m.
10. TEKNIK GERAKAN LENGAN Gerakan lengan pada gaya bebas dibagi atas dua macam : a. Gerakan menekan ke bawah b. Gerakan kembali ke posisi semula
11. PERGERAKAN TELAPAK TANGAN DALAM AIR
12. BENTUK LATIHAN GERAKAN TANGAN Latihan dikonsentrasikan pada gerakan menarik dan mendorong mendorong air secara penuh, dari depan sampai ke pangkal paha, Latihan dilakukan sebanyak-banyaknya dengan melakukan tangan dalam satu luncuran, Pelampung dipasang pada tungkai, sedangkan siswa melakukan gerakan dengan tangan saja, Siswa yang melakukan latihan disuruh melihat gerakan bahu yang sedang melakukan gerakan pada setiap gerakan ke dua.
13. BENTUK GERAKAN TANGAN SAAT DALAM AIR SEWAKTU BERENANG
14. MELAKUKAN RENANG GAYA BEBAS LATIHAN KOORDINASI Dari posisi berdiri di air, pada kedalaman setinggi dada, lakukan luncuran tertelungkup ke depan dan gerak dasar tangan menarik, setelah itu gerakan kaki seperti gerakan menendang-nendang. Lakukanlah berulang-ulang.
15. GERAKAN KOORDINASI
16. SELAMAT BEKERJA Terima kasih selesaaaiiii

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2013 Copyright Informasi Terbaru - rights reserved | Powered by Blogger.com | Template Design by Noval Blogger Bima
Teknik renang - Informasi Terbaru